Cara Mount Hardisk Via Terminal

Selamat pagi lur...
Pada kesempatan kali ini ane mau nulis tentang mounting hardisk di linux. Mounting adalah kegiatan mengenalkan hardisk atau media penyimpanan yang lain pada sistem operasi (linux) agar isinya bisa terbaca. Berbeda dengan sistem operasi windows, hardisk tidak perlu dimount, karena sudah terbaca otomatis.  Langkah mounting hardisk di linux sebagai berikut :
  1. Cek Posisi hardisk
    Kita harus tahu dulu hardisk mana yang akan di mounting, caranya adalah sebagai berikut:
    • Buka Terminal
    • Ketikan sudo su agar punya full akses
    • ketik fdisk -l untuk mengecek hardisk mana yang akan di mounting
    • Kita sepakati hardisk yang akan kita mounting adalah sda1, terletak pada /dev/sda1
      Hardisk terletak pada /dev/sda1
  2. Membuat folder untuk ruang baca
    Folder yang akan kita buat berguna untuk mencerminkan isi dari hardisk agar bisa dibaca, (dalam arti isi dari hardisk tidak dicopy pada folder ini). Selanjutnya, mari kita buat folder dengan nama hdd1 pada folder /tmp caranya sebagai berikut :
    ketik mkdir /tmp/hdd1
  3. Mulai Mounting
    Langkah selanjutnya adalah proses mounting hardisk (/dev/sda1) ke folder hdd1 (/tmp/hdd1) caranaya, ketikan mount /dev/sda1 /tmp/hdd1
  4. Cek Isi dari folder hhd1
    Jika proses mounting tidak ada pesan eror, maka proses mounting berhasil. Untuk mengeceknya, coba lihat isi dari folder hhd 1 pada folder /tmp, dengan mengetikkan :
    ls /tmp/hdd1jika di dalamnya ada isinya, berarti anda berhasil me mounting. Isi yang ada di folder hdd1 adalah cerminan dari isi hardisk pada /dev/sda1.

No comments:

Post a Comment