Mengatasi komputer tidak terlihat di jaringan

Selamat pagi gan..
Ane mau cerita lagi nih, pernah suatu sore komputer yang ada dalam satu jaringan tidak tampil., bahkan untuk masuk workgroup network place saja lama, kadang malah muncul pesan error "workgroup not accessible"
Pesan Error
Secara runtut permasalahan yang ane temuin gini gan :
  1.  Pada jaringan tersebut ada dua versi windows, yaitu windows xp dan windows 7. Pada saat itu komputer dengan windows xp masih bisa mendeteksi keberadaan semua komputer yang ada dalam jaringan tersebut, tetapi yang windows 7 hanya bisa mendeteksi komputer dengan sistem operasi yang sama. komputer windows 7 tidak bisa mendeteksi komputer dengan sistem operasi windows xp.
  2. Setelah beberapa hari berikutnya,,lha kok windows xp nya tidak bisa mendeteksi keberadaan semua komputer..Tetapi jika di tembak langsung dengan ip addres komputer lain, masih bisa terkoneksi, bisa mengakses sharing folder komputer lain...
  3. Keadaan ini tentunya menjadi permasalahan  besar bagi user yang terbisa bekerja dengan menggunakan share folder dalam jaringan tersebut,..
Setelah ane googling, banyak artikel yang sangar sangar., Mulai dari otak-atik registry, konfigurasi pada adapter, dll. Jujur saja semua yang ane temuin di artikel tersebut sudah ane lakuin semua, tapi ternyata belum terpecahkan..waduuuh,,,trus ane tanya orang yang ane anggap master (Mas Qimpul), Dari saran saran yang diberikan, ane pilih satu, yaitu merestart switch hub yang ada di jaringan tersebu. Dan akhirnya benar, setelah di restart semua komputer yang ada di jaringan tersebut tampil semua, baik pada windows 7 maupun windows XP...
Semua Komputer sudah muncul

11 comments:

  1. wow, artikel nya sangat real dengan kondisi permasalahan di lapangan. nice posting bro...!!!

    thansk share nya.

    ReplyDelete
  2. mantap ..trima kasih .saya sudah coba ...dan hasilnya 100 persen josssss

    ReplyDelete
  3. udah ane coba masih tetep gan

    ReplyDelete
  4. @nurdiansyah ,.. coba di konfigurasi client for microsoft network nya

    ReplyDelete
  5. nge restart switch hub tuh gmn ya min?

    ReplyDelete
  6. saya mau tanya untuk restart swicth hub itu gimana iya, soalnya sebelumnya saya belum pernah melakukan nya..

    terima kasih .

    ReplyDelete
  7. oke sukses om.... pertama kaqli cabut cuman beberapa yang keluar...setelah cabut lagi tunggu agak lama baru keluar semua...oke dah sukses om thanks solusi yang simple

    ReplyDelete
  8. saya sudah coba tetap ga keluar, cudah masuk ke services.msc dan di workstation tidak bisa start

    ReplyDelete