Cara merakit intel nuc


Selamat pagi lur,,udah tahu intel nuc? setahu ane intel nuc (next unit of computing)adalah komputer generasi terbaru dengan bentuk mungil,ringan dengan konsumsi listrik yang kecil serta dimensi yang kecil pula. Namun fungsinya sama persis dengan dengan computer rakitan biasanya. Namun harganya masih tergolong premium.
box intel nuc
Tersedia beberapa pilihan jenis processor pada intel nuc, yaitu intel dual core Celeron maupun core i3.
Intel nuc ini dijual dari pabriknya belum termasuk ram dan hardisk, jadi jika agan mau beli intel nuc, jangan lupa beli hardisk dan ram. Sedangkan ram yang dipakai adalah jenis so-dimm (ram laptop).
Beberapa hari yang lalu ane beli intel nuc, setelah ane liat-liat, terdapat :
  • port usb biasa (jumlah 2)
  • port usb3 (jumlah 1)
  • port hdmi display
  • port audio jack ukuran 3.5
  • port lan rj45
Setelah ane buka boxnya, di dalamnya terdapat unit nuc, power adaptor (ujung yang bisa diubah-ubah sesuai jenis colokannya), kaitan/barcket berupa lempengan plat lengkap dengan sekrupnya, dan manual booknya. Sesuatu yang ane cari tapi tidak ada adalah cd driver., dan kita harus download webnya intel.


Oke, Langsung mari kita rakit, jangan lupa siapkan obeng lalu berdoa,,anggap saja boxnya sudah dibuka dengan selamat, langsung kita rakit..
  1. Buka tutup belakang dengan obeng plus,
    Sekrupnya ada empat gan..
  2. Setelah kebuka, langsung ketemu dengan tempat hardisk, namun sebelum pasang hardisk, pasang dulu ram nya, letaknya di bawahnya, jadi harus mengangkat tempat hardisk tersebut..
    Mahal gan, angkatnya hati-hati ya..
  3.  Setelah itu pasang ram nya gan
    Usahakan jangan sampai menyentuh permukaan ram
  4. Setelah terpasang dengan baik, pasang hardisknya (ukuran 2.5 inch)..Kali ini ane pake ssd gan..
    Masukan hardisk/ssd dari depan gan..
  5.  Setelah pas, jangan lupa baut hardisknya..letaknya di samping kanan kiri
  6.  Setelah itu pasang kembali tutupnya,,
Akhirnya kita sukses memasang hardisk dan ram-nya..Sebagai catatan aja ya,,,karena monitor ane masih vga, maka ane pake konverter hdmi to vga, bentuknya kek gini..
HDMI toVGA

ow iya..bagi yang masih penasarang dengan power adaptor, bentuknya kek gini..
Power Adaptor



3 comments:

  1. Salam hangat selalu pak...
    Terimakasih sudah rela meninggalkan komentar pada postingan ini,,
    Setelah saya lihat tautan yang anda berikan, produk yang ditawarkan sudah bagus,,
    Dari hasil pantauan saya, akhir2 ini intel nuc mengeluarkan seri terbarunya, dengan perubahan pada display port nya,..
    pada postingan di atas, intel nuc masih menggunakan display port berupa "hdmi", namun sekarang, nuc telah hadir dengan display port "vga"..
    Jadi jika monitor anda menggunkan port "vga", anda tidak perlu membeli konverter hdmi to vga...

    ReplyDelete
  2. Pak saya mw tanya hardisk intel nuc saya ga kebaca di bios apa bisa ditambahin dengan hardisk ssd pak?

    ReplyDelete
  3. Hardisk model SSD bisa dipakai di perangkat ini mas Ramadhani, tetapi konsekuensianya harus melepas hardisk yang lama, soalnya setahu saya tempat hardisk nya hanya satu slot..

    ReplyDelete