Cara Mengambil Data dari My Book Live yang Rusak

Selamat pagi teman-teman,,

Saya mempunyai hardisk eksternal, yaitu produk WD, dengan type My Book Live, suatu hari hardisk tersebut tidak bisa diakses. Berbagai cara sudah saya lakuakan. mulai dari reboot hardisk, ganti switch hub, dan bahkan sudah saya reset, tetap saja tidak bisa diakses.

Akhirnya saya putuskan untuk membongkar case nya dan melihat apa yang terjadi didalamnya. Ternyata board PCB nya gosong-gosong.

PCB Gosong
Sempat berfikiran untuk mengganti board tersebut dengan yang baru, ternyata barangnya sudah soldout dan discontinue. Ya sudah saya relakan saja hardisk
tersebut tidak bisa dipakai lagi. Tapi masalahnya, ada data penting di dalamnya. Maka yang saya lakukan adalah sebagai berikut :

  • Memasang hardisk ke PC secara langsung via port SATA
    Ternyata isi hardisk nya tidak bisa terbaca, baik pada komputer windows maupun linux
Memasang Langsung Hardisk Mybook Live ke PC
  • Untuk membacanya saya, menggunakan aplikasi R-Linux yang berjalan di os Linux yang bejalan di os Linux
    Akhirnya data yang ada didalamnya bisa dibaca dan direcovery.
Langkah recovery dengan R-Linux :
  1. Download R-Linux di sini, kemudian instal 
  2. Buka R-Linux, dengan memasukan password user,kemudian akan tampil
    Tampilan R-Linux
    3. Kemudian Pilih partisi Mybook Live (punya saya ukuran 1,8 Tb)


16 comments:

  1. maaf gan, saya punya wd my book live 3tb, apa bisa hardisknya dilepas jadi hardisk pc biasa?
    mohon pencerahannya. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat pagi gan,, jika maksud anda hardisk mybook live, dicopot langsung dipasang di komputer, maka hardisk tersebut tidak bisa dipakai dan tidak bisa diakses data lama yang ada dalam hardsisk tersebut.

      Tetapi jika maksud anda, hardisk bekas mybook live ingin dipakai sebagi hardisk biasa, maka anda harus format hardisk tersebut ke format yang support Sistem operasi anda (Ntfs,ext, dll), baru anda bisa menggunakan hardisk bekas wd mybook live sebagai hardisk biasa..
      Begitu sepengatuhan saya..

      Delete
  2. Sepengatahuan saya, hardisk tersebut bisa di pakai dipasang di komputer biasa, dengan menyamakan filesystem pada komputer yang anda pakai (format hardisk, jadi NTFS, Fat dll). Dengan konsekuensi data lama yang ada di dalam hardisk tersebut akan terformat.

    ReplyDelete
  3. Pak sy wd mybook 3TB sy juga rusak boarnya.
    Seandainya kita pakai R-lnuk tersebut setelah partisinya di kenali trus cara extrak atau recoverynya gimana ? karena sy belum pernah pakai R-linux tersebut dan saat sy lihat gambar menunya seperti yg bapak tampilkan belum kelihatan opsi untuk recovery atau simpan / pindahkan partisi yg dikenlai tersebut ke drive lain. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pilih partisi yang akan di buka isinya, kemudian Klik pada "Open Drive File", setelah itu ada pilihan untuk Export/copy data yang ada...

      Delete
  4. gan buka jasa ga ? japri ane ya gan ronybrada@gmail.com

    ReplyDelete
  5. gan, R-Linux ga bisa di instal di ubuntu ya

    ReplyDelete
  6. Bagi yg enclosurnya bermasalah jgn buru buru mengklaim pcb ug rusak. Pengalaman sy setelah di cek menyeluruh ternyata yg rusak adaptornya. Setelah adaptor di ganti kembali ok. Namun untuk antisipasi data sy backup semua format ulang hdd dan danti enclosure lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, pastikan dulu sudah di cek secara menyeluruh,,,

      Delete
  7. Selamat Siang Gan, semoga masih aktif blogernya.
    apakah R-linux bisa jalan di ubuntu yang di instal di windows 10? saya instal ubuntu, dan tidak ada Visual interface nya. semua command program. saya masih ingat ms.dos, tetapi tidak paham linux command.
    saya berusaha mencoba menghubungi anda, tetapi tidak dapat info tentang anda. Hdd external WD saya, 1 tahun tidak pakai, error, saya bongkar, hdd nya di windows, kedetect, normal, tapi isinya kosong, saya pakai semua program unpartisi dll, full deep scan, tidak ada hasil. saya benar benar berharap pada l-linux.
    balasan nya sangat saya nantikan, dan sangat saya hargai, terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat siang,, setelah saya cek di situs R-Linux nya, ternyata sekarang R-linux bisa di instal langsung di Windows,, jadi bisa langsung di coba di windowsnya,, berikut link nya https://www.r-studio.com/free-linux-recovery/

      Delete
  8. selamat siang om, maaf mo nanya... kalo WD Eksternalnya sdh d konek-in ke pc dan partisinya sdh diubah ke GPT trus gimana ya? apa masih bisa d backup datanya? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat siang bos,, Bukan masalah diubah ke-GPT nya,, tapi cenderung ke pembacaan filesystem EXT4 biar bisa dibaca, Apakah saudara pakai windows untuk buka Hardisk Wd? silakan coba buka Hardisk WD tersebut dari OS Linux atau MAC...

      Delete