Master dan Slave adalah..

Selamat pagi lur..
Pernah suatu kali ane dihadapkan dengan motherboard dengan banyak port sata, namun sayangnya port pata/IDE nya hanya satu. Padahal ane menggunakan hardisk dan cd room dengan jenis IDE. Solusinya adalah menggunakan kabel IDE yang bisa untuk menhubungkan kedua perangkat(hardisk dan cd room) tersebut..kabelnya kya gini gan..
Kabel IDE
Langsung saja ane pasang, tapi muncul masalah baru, mucul peringatan "disk boot failure" intinya
tidak ada media booting, artinya hardisk tidak terbaca. Ya udah ane restart, kemudian ane masuk bios dengan cara pencet tombol del pada keyboard saat booting. Ternyata hardisk dan cd room nya memang tidak terbaca. Ane mikirnya kabel nya bermasalah, trus ane ganti kabel...tetapi sama saja, trus ane coba-coba memasang kabel IDE dengan berbagai posisi, tetapi hasilnya sama saja...
Ane ga tahu kenapa tuh, perjuangan masih lanjud,,,ane pikir muter-muter,, ane coba otak-atik konfigurasi IDE pada bios, tapi masih saja sama,,dan akhirnya ane menarik kesimpulan sementara, mungkin yang bermasalah adalah jumper pada hardisk dan cd room.
Langsung ane liat tuh jumper,,,nah ternyata si hardisk jumpernya pada posisi slave, dan si cd-room juga pada posisi slave.
Solusinya adalah mengganti jumper hardisk pada master, dan jumper cd-room menjadi slave, dan akhirnya komputer bisa booting dengan selamat...

Kemudian apa yang dimaksud master dan slave?
Keduanya adalah port jumper yang ada pada hardware dengan kabel konektor bertype IDE. Bentuknya kaya gini gan..
Jumper
Teruss ?
  1. Master, sesusai namanya, jumper master digunakan pada device yang memiliki fungsi utama, contohnya hardisk yang berisi sistem operasi
  2. Slave adalah jumper yang dipakai untuk device yang sifatnya tambahan, seperti hardisk yang hanya digunakan untuk menyimpan data, atau cd room
Bagaimana posisi jumper master dan posisi jumper slave ? jawabanya adalah sesuai dengan keterangan yang ada pada device tersebut. Masing masing produsen berbeda-beda...

No comments:

Post a Comment