Monitoring Jaringan dengan Torch

Selamat pagi lur,,,setelah agan berhasil seting mikrotik, tentunya dalam sanubari agan timbul obsesi untuk mengulik lebih jauh apa yang terkandung dalam mikrotik. Jujur saja, setelah ane berhasil seting mikrotik, benak ane langsung kepikiran untuk melihat kinerja mikrotik. Sebagai beginner ane ga tau tuh gimana caranya, ternyata setelah lirik sana-sini terpecahkan juga gimana cara monitoring jaringan. Pada mikrotik untuk melakukannya ane menggunakan tourch
tampilan torch





Tourch merupakan tool yang digunakan untuk memonitor lalulintas data secara realtime, tourch bisa di custom berdasarkan ip address pengirim maupun ip address tujuan. Untuk menggunakan tourch, agan bisa buka putty atau winbox trus new terminal, kemudian ketikan :

Tool  tourch [interface yang agan mau monitoring]
Keterangan :
  • TX menunjukan kecepatan lalulintas data yang keluar melalui interface tersebut, bisa dikatakan data keluar dari interface (transfer, upload)
  • RX menunjukan kecepatan lalulintas data yang masuk melalui interface tersebut, bisa dikatakan data diterima melalui interface tersebut (recieve, download)
  • TX-PACKET  menunjukan banyaknya paket yang keluar melalui interface tersebut
  • RX-PACKET menunjukan banyaknya paket yang diterima melalui interface tersebut

No comments:

Post a Comment