Router Mikrotik

MikroTik RB 450 G


Selamat pagi lur,,kali ini ane mau nulis tentang perangkat jaringan yang berfungsi untuk mengatur lalu lintas yang ada di jaringan komputer, perangkat tersebut adalah router. Namun pada tulisan ini, ane mengkususkan pada router dengan merk “MikroTik” (ini bukan iklan ya gaan..) Tulisan ini sekedar untuk penetahuan aja bagi agan yang ingin belajar “Router Mikrotik”
Mikrotik telah mengeluarkan banyak jenis produk yang bervariasi, mulai dari harga ekonomis sampai harga yang fantastis. Beberapa diantara router tersebut  juga  mempunyai variasi dalam fitur dan level. Sebelum melangkah lebih jauh, mari kita pelajari dulu beberapa kegunaan dari router mikrotik ini.

  • Router Sebagai gateway internet Maksudnya, router di sini berfungsi sebagai pintu gerbang keluar masuknya data yang berasal dari jaringan lokal ke jaringan internet atau sebaliknya. Dalam fungsi ini , router dapat bertindak sebagai polisi, yaitu mampu menangani apa yang boleh masuk dan apa yang tidak boleh masuk. 
  • Router Sebagai Access point Apa itu Acces point (AP)..? Ap adalah sebuah titik poin dimana host (laptop, smartphone, dll) bisa mengakses suatu jaringan lokal maupun jaringan internet tanpa menggunakan kabel. Fungsi ini bisa dimanfaatkan untuk membuat hotspot dengan sekala kecil (mall, hotel, kafe, dll) atau skala besar(RT/RW Net)
  •  Router sebagai Penunjuk jalan (Routing) Maksudnya adalah router berfungsi sebagai penunjuk jalur data yang paling efisien. Di sini router akan memilh jalur yang paling cepat, tapi perlu diketahui jalur yang tercepat tidak berarti terdapat pada jalur yang paling dekat. 

No comments:

Post a Comment