Cara Login Router MikroTik

Selamat pagi lur, ,,
Gimana sudah punya router Mikrotik belum? Kalau belum punya karena terkendala dana, agan bisa menginstal MikroTik secara virtual dengan menggunakan Virtual box. Gimana tuh caranya? Tenang, agan googling aja dengan kata kunci “cara install MikroTik pada Virtual Box”..
Oke, kali ini ane mau nulis bagaimana cara login ke Router MikroTik. Ada banyak cara, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Login Menggunakan Winbox Apa itu Winbox? Winbox adalah sebuah aplikasi berbasis graphical user interface yang bisa berjalan di atas system operasi windows dan mac. Untuk mendapatkan aplikasi ini agan bisa download di www.mikrotik.com atau www.mikrotik.co.id/download.php Setelah berhasil download, silakan agan klik winbox tersebut, lalu muncul gambar berikut :Login menggunakan winbox ada dua cara, yaitu dengan menggunakan mac addres atau menggunakan Ip address.
    Tampilan Login pada Winbox
    Pada settingan default, router memiliki ip address 192.168.88.1. Untuk bisa login menggunakan mac addres, agan bisa klik tombol titik tiga(…) pada samping kiri tombol “Connect”Lalu bedanya apa? login dengan mac address atau login dengan ip address?Secara tampilan, keduanya sama, tapi secara system berbeda. Seandainya anda login menggunakan mac address, agan bisa leluasa konfigurasi Ip address tanpa kuatir router akan disconnect saat mengganti ip address. Berbeda dengan login menggunakan ip addres, router akan disconnect sewaktu interface yang digunakan untuk koneksi dengan pc/laptop si user telah berganti ip address.Secara default passwornya adalah kosong (tidak memasukan karakter, langsung di enter saja gan)
  •  Login Menggunakan browser Anda bisa menggunakan google chrome, firefox atau yang lainya. Ketikan alamat ip pada address bar. Kemudian akan tampil halaman login webfig. Secara default, username : admin dan password : “   ” (kosongkan saja)
    Tampilan Webfig
  • Login menggunakan putty.exe Agan bisa mengetikan ip addres atau hostname dari router milik agan pada addres bar, kemudian bisa pilih type koneksi dengan ssh atau telnet. Tool ini berbasis command line interface, jadi agan harus mengetikkan baris perintah untuk bisa men-settingrouter agan.
Gimana gan? Cukup mudah kan…mohon maaf jika ada kesakahan, koreksinya ane tunggu pada comment di bawah ini…

1 comment: